Sabtu, 08 Maret 2014

trik makanan lezat

BAGAIMANA Anda memasak makanan yang sehat tanpa mengorbankan rasanya? Yuk, kenali trik terbaik untuk memasak hidangan sehat sekaligus lezat.

Jika masak, Anda tentu ingin hasilnya penuh rasa dan sehat demi keluarga tercinta. Persyaratan ini menjadi tantangan tersendiri, bagaimana menghadirkan hidangan lezat juga sehat.

Untungnya, ada beberapa trik untuk membuat makanan Anda lebih sehat tanpa mengorbankan rasanya, juga uang Anda bila akhirnya tidak habis termakan. Berikut ini, seperti diulas Sheknows.

Ganti dengan putih telur
Selusin telur tidaklah murah. Alih-alih menggunakan seluruh bagian telur seperti dicantumkan dalam resep, cukup gunakan putihnya. Satu kuning telur mengandung 55 kalori dan hampir 5 gram lemak sedangkan putih telur hanya berisi 17 kalori, hampir tidak ada lemak, dan sekira 4 gram protein. Gunakan dua putih telur untuk menggantikan 1 butir telur utuh seperti dalam resep.

Batasi daging merah
Daging merah merupakan sumber protein, tapi juga penuh lemak jenuh yang perlahan-lahan memperburuk kesehatan Anda. Daging merah juga mahal, terutama jika Anda suka yang berkualitas tinggi. Pilihlah ayam tanpa lemak dan ganti ikan sebagai pilihan yang lebih sehat.

Pikirkan warna
Memasak tidak harus menyuguhkan menu menantang. Prinsipnya, tambahkan warna pada piring Anda dengan menumis, membakar, ataupun memanggang bahan makanan, termasuk sayuran. Setiap bahan makanan membawa rasa yang unik pada hidangan, dan pilihan Anda hampir tak terbatas. Kombinasinya bisa meliputi jamur, paprika merah, brokoli, tomat, mentimun, labu, zucchini, paprika kuning, dan sebagainya.

Perhatikan minyak
Minyak zaitun dan minyak wijen adalah alternatif sehat untuk minyak sayur. Namun, bukan berarti Anda bisa makan dalam jumlah tak terbatas. Gunakan takaran seminimal mungkin yang Anda bisa setiap kali memasak.

Saat menumis sayuran, misalnya, lebih baik gunakan sedikit minyak. Sayuran secara alami mengandung air, yang ketika dimasak, membantu memberikan tekstur renyah pada sayuran, juga rasanya. Sedikit minyak diperlukan untuk membantu mencegah makanan menempel di wajan, tapi sebaiknya selalu gunakan dalam takaran kecil.

Belajarlah untuk memberi bumbu
Sebagian besar rasa terletak di dalam bumbu. Jika Anda dapat belajar untuk memberi bumbu masakandengan baik, Anda akan selalu mendapatkan hidangan yang lezat. Cobalah untuk menghindari garam karena natrium dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan kembung. Perbanyak bumbu yang bisa memberi rasa gurih, seperti bawang putih, yang mengandung manfaat kesehatan. (bersambung

0 komentar:

Posting Komentar